Cara Untuk Hamil Anak Kedua

Cara Untuk Hamil Anak Kedua - Kehamilan memang tergantung pada pelbagai faktor yang tak jarang susah diprediksi. Namun, ada sebagian metode mudah hamil secara alami setelah menikah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang mempunyai keturunan.


Bagaimana cara mudah hamil setelah haid?


Peluang setiap wanita untuk hamil yakni 15%-25% tiap bulannya. Anda berpeluang besar untuk hamil seandainya melakukan aktivitas seks ketika masuk masa subur, yakni ketika ovarium melepaskan sel ovum (ovulasi). Sel telur tersebut akan bertahan hidup selama 12-24 jam setelah dilepaskan. Siklus ini terjadi sekitar 14 hari sesudah hari pertama masa haid apabila Anda mempunyai siklus normal selama 28 hari.  Atau lebih tepatnya 12-14 hari sebelum hari pertama haid selanjutnya bagi yang mempunyai siklus haid yang tak teratur.


Kehamilan terjadi saat air mani membuahi sel telur dalam masa ovulasi ini. Namun meski Anda dan pasangan melakukan aktivitas seks sebelum masa tersebut,  sperma yang telah masuk bisa bertahan hidup dalam tubuh wanita hingga 7 hari. Setelah menempuh tuba falopi, air mani bisa menunggu hingga sel telur dilepaskan. Sehingga Anda tak perlu terlalu khawatir walaupun kesusahan menghitung masa-masa ovulasi.


Dengan melakukan aktivitas seksual tanpa alat kontrasepsi secara teratur, 4 dari 5 wanita sehat akan mengandung dalam waktu setahun masa perencanaan kehamilan. Sementara, pasangan lain akan menunggu lebih lama dan memerlukan bantuan untuk tahu metode mudah hamil sesudah menikah.


Memaksimalkan Kesuburan dan Menyiapkan Kehamilan


Meningkatkan kesuburan adalah langkah utama tips agar segera hamil sesudah menikah. Selain itu, anda juga seharusnya melaksanakan sebagian perubahan untuk mempersiapkan tubuh Anda. Ada trik-trik tertentu yang dapat dikerjakan untuk langsung mempunyai buah hati.


Teratur berhubungan seks


Peluang sperma membuahi sel telor terbilang kecil, yakni cuma pada 4-5 hari memasuki masa-masa ovulasi dan pada hari ovulasi itu sendiri. Karenanya yang dapat Anda lakukan yakni melakukan aktivitas seks dalam periode ini. Masalahnya, penelitian menemukan bahwa tubuh Anda tak jarang tak berproses pas waktu seperti mesin. Masa-masa ovulasi bisa bergeser karena banyak faktor seperti stres dan olahraga berlebihan. Malahan, bila siklus haid Anda tergolong normal, ovulasi bisa terjadi kapan saja. Untuk mencegah risiko bergesernya waktu ovulasi, direkomendasikan untuk berhubungan seks secara rutin setidaknya 3-4 kali seminggu. Pastikan pria mempunyai kadar air mani yang cukup dan Anda ataupun pasangan tak mengaplikasikan alat kontrasepsi.


Cara Untuk Hamil Anak Kedua


Cara Cepat Hamil Secara Alami


Gaya hidup sehat


Gaya hidup sehat sungguh-sungguh penting saat anda merencanakan kehamilan. Dari sebagian tips mudah hamil alami tanpa obat, Anda dan pasangan dianjurkan untuk:



  • Berolahraga teratur bisa meningkatkan tingkat kesuburan. Namun perlu diingat, berolahraga berlebihan bisa berimbas sebaliknya.

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya gizi.

  • Menjaga kebersihan makanan dan mencuci tangan secara teratur sesudah memasak atau menyiapkan makanan.


Selain itu, periksakan kesehatan untuk menemukan kemungkinan halangan untuk mendapatkan keturunan. Penyakit kronis yang diidap salah seorang pasangan juga bisa memengaruhi kesempatan hamil.


Konsumsi asam folat


Asam folat penting untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi tablet asam folat selama masa perencanaan kehamilan dan berlanjut  setidaknya selama tiga bulan awal kehamilan. Selain dalam wujud suplemen, asam folat secara natural banyak terkandung dalam sayuran seperti brokoli, kacang hijau, bayam, kentang, dan sereal. Asam folat yang cukup diperlukan untuk kesehatan janin. Para wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari.


Hentikan kultur tertentu


Hindari hal-hal atau kebiasaan berikut yang bisa mengganggu dan membahayakan saat anda merencanakan kehamilan:



  • Mengisap, kecuali berbahaya bagi kesehatan dan mengurangi kesuburan, hentikan juga kebiasaan merokok karena nantinya dapat membahayakan kandungan Anda.

  • Membatasi konsumsi kafein

  • Mengkonsumsi minuman keras dan obat terlarang juga berisiko menurunkan tingkat kesuburan dan juga berbahaya calon bayi.

  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi vitamin A seperti hati binatang.

  • Hindari konsumsi daging dan telur separo matang dan ikan mentah sebab berisiko mengandung kuman, virus atau parasit. Hindari juga variasi-tipe ikan yang berpotensi mengandung merkuri dan susu yang tidak terpasteurisasi.


Cara Untuk Hamil Anak Kedua. Pada intinya, hindari adat istiadat yang berbahaya kesehatan dan menurunkan kemungkinan hamil.


Cek kesehatan dan imunisasi


Periksakan kesehatan Anda dan ambil cek darah untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang mengurangi keberhasilan hamil atau membahayakan untuk janin seperti hepatitis B, HIV, sifilis. Selain itu, pastikan Anda sudah mendapatkan imunisasi rubella atau campak Jerman untuk menghindari risiko infeksi.


Makin lama masa penantian dan percobaan Anda untuk hamil, maka makin keras usaha yang dibutuhkan untuk hamil. Berkonsultasilah terhadap dokter kandungan perihal tips cepat hamil dan mempersiapkan kehamilan sesudah menikah, sekiranya Anda dan pasangan telah lebih dari 1 tahun mencoba menerima keturunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel